Sunday, 26 April 2015

Duh! D'Academy 2 Indosiar Dua Kali Ditegur KPI, Kenapa yaa?

D'Academy 2 Indosiar


DangdutBerisik.com - Ajang pencarian bakat menyanyi dangdut D'Academy 2 Indosiar sudah 3 bulan ini berada di rating tertinggi. Di atas kepopulerannya kini acara tersebut mendapat perhatian dari KPI sehingga medapatkan dua kali teguran tertulis dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) seperti apa tegurannya?


Teguran pertama ini DangdutBerisik.com kutip dari website resmi KPI. Program Siaran “D’Academy 2” ditayangkan oleh stasiun INDOSIAR pada tanggal 12 April 2015 pukul 18.32 WIB, tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku dalam masyarakat sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.




[caption id="" align="alignnone" width="573"]Teguran KPI untuk D'Academy 2 Indosiar Juri D'Academy 2 Indosiar Iis Dahlia via twitter indosiar[/caption]

Program tersebut menayangkan adegan seorang wanita yang memutarkan tubuh sehingga rok terangkat dan terlihat celana pendek yang dikenakan dan bagian paha wanita tersebut. Kira-kira wanita yang dimaksud KPI itu siapa, apakah finalis D'Academy 2 atau penari latar?


Teguran kedua juga sama DangdutBerisik.com kutip dari website Komisi Penyiaran Indonesia atau disingkat KPI. KPI menemukan pelanggaran yang dilakukan D'Academy 2 tayangan 16 April 2015 pukul 20.22 WIB. Dalam episode tersebut, ada seorang wanita yang berkata kasar "setan lo" kepada seorang pria.


KPI menganggap penggunaan kata-kata kasar dapat membawa pengaruh negatif bagi khalayak, khususnya anak-anak dan remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan, ungkapan kasar dan makian, serta penggolongan program siaran.


KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a.


Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis Kedua.


EmoticonEmoticon