Thursday, 5 February 2015

Mayoritas Anak Muda Indonesia Mendengarkan Musik Lewat Ponsel

Menariknya radio ternyata masih menjadi pilihan utama. 
Oleh: Damianus Andreas
 

musik dangdut
Photo Stock by Soczi


Jakarta - Anak-anak muda Indonesia yang berusia di bawah 25 tahun ternyata cenderung mendengarkan musik melalui telepon seluler. Persentasenya dilaporkan mencapai 52,88%.

Data ini didapat dari hasil jajak pendapat yang dilakukan harian Kompas dan dimuat pada edisi hari ini yang fokus mengamati pola rutin mendengarkan musik di kalangan anak-anak muda di beberapa kota besar di Indonesia.

Pada peringkat kedua dan selanjutnya, anak-anak muda ini diketahui memiliki kecenderungan mendengarkan musik melalui radio (15,38%), disusul melalui iPod/mp3 (11,54%), Internet/Youtube (8,65%), televisi (4,81%), lainnya (3,85), CD/kaset (1,92%), dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab (0,97%).

Jajak pendapat juga dilakukan kepada golongan masyarakat berusia 26-40 tahun dan mereka yang berusia di atas 40 tahun. Berbeda dengan dua golongan lainnya, mereka yang berusia antara 26-40 tahun ternyata cenderung menikmati musik melalui radio, jumlahnya sebesar 35,34%.

Kemudian masih di golongan usia yang disebutkan terakhir, kecenderungan mereka mendengarkan musik lewat medium telepon seluler sebesar 24,06%, iPod/mp3 (10,53%), CD/kaset (9,77%), televisi (8,27%), lainnya (4,51%), dan sisanya menjawab tidak tahu atau bahkan tidak menjawab (0,75%).

Sementara di golongan masyarakat berusia di atas 40 tahun, terdapat satu hal yang tidak ditemukan pada jajak pendapat terhadap dua golongan lainnya. Mereka yang menjawab tidak tahu atau bahkan tidak menjawab persentasenya lebih besar, 6,88%. Angka tersebut lebih besar jumlahnya dibandingkan mereka (golongan di atas 40 tahun) yang menjawab mendengarkan musik melalui medium iPod/mp3 (2,65%), Internet/Youtube (2,38), dan lainnya (1,32%).

Pada golongan ini, rupanya televisi menjadi medium terfavorit mereka. Itu terbukti dari angka yang ditunjukkan, sebesar 37,83%. Sementara pendengar radio untuk usia ini sebesar 26,98%, yang kemudian disusul dengan medium CD/kaset (11,64%) dan telepon seluler (10,32%).

Jajak pendapat yang dilakukan Litbang Kompas ini dilakukan terhadap 615 responden di 12 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Palembang, Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan Manado. Dijelaskan pula disana bahwa "jajak pendapat ini tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh masyarakat Indonesia."

Fakta menarik lainnya dari jajak pendapat ini ternyata medium radio masih menjadi salah satu pilihan utama dalam mendengarkan musik di tengah derasnya arus digitalisasi di berbagai bidang kehidupan masyarakat di Tanah Air. (RollingStone)


EmoticonEmoticon